Masalah dengan sistem penataan jaringan di Putri Duyung Ancol menjadi sumber frustrasi bagi pengunjung dan staf. Kondisi yang tidak optimal dari infrastruktur jaringan dapat menyebabkan berbagai masalah yang mengganggu.
Jakarta - Putri Duyung Resort adalah resor dengan pemandangan tepi laut eksotis di Jakarta utara. Terletak di kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Putri Duyung Resort memiliki 129 cottages yang unik dan memiliki bentuk arsitektur bangunan yang berbeda-beda. Luas area sekitar 7 hektar berada di sekeliling tepi laut Ancol serta hutan tropis yang teduh dan berada di pulau tersendiri jauh dari keramaian ibukota Jakarta.
Taman Impian Jaya Ancol memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan lokal maupun asing untuk menyewa tempat pada hotel tersebut. Namun demikian, banyak hal-hal yang menghambat kemajuan dari perusahaan hotel tersebut, baik dari sistem kerja, sistem kepegawaian, sistem informasi hotel, dll. Sehingga kerja perusahaan tersebut harus menguras lebih banyak dana, tenaga, serta sumber-sumber lainnya.
Permasalahan-permasalahan mengenai sistem informasi baik tentang sistem informasi hotel, kepegawaian, serta sistem kerja pada PDA memiliki beberapa kekurangan, seperti :
a. Kurang baiknya sistem penataan jaringan pada Putri Duyung Ancol. Yaitu dikarenakan banyaknya jaringan cabang yang tidak terbagi lagi pada bagian-bagian tertentu, sehingga bagian tersebut kurang terkontrol dan efektif.
b. Kurangnya sistem kerja karyawan, dengan banyakya karyawan yang memiliki pekerjaan yang merangkap. Banyaknya karyawan yang merangkap pada Putri Duyung Ancol, sehingga menyebabkan kurang produktifnya karyawan tersebut, dikarenakan terpecahnya konsentrasi pekerjaan, dan terlalu terbebankan dengan banyaknya tanggung jawab yang ia tunggak.
Dalam hal ini, membuat pengunjung tidak nyaman dan ragu untuk bisa menginap di Putri Duyung Ancol tersebut.
Untuk meyakinkan para pengunjung bahwa Resort Putri Duyung adalah Resort yang nyaman dan berkualitas maka dibutuhkanlah store atmosphere. Store atmosphere adalah kondisi atau tampilan fisik salah satu unsur yang harus diperhatikan kenyamanannya dan sesuai dengan yang disukai pengunjung atau konsumen agar ketika dikunjungi tersebut merasa nyaman dan ingin selalu berdatangan dan menimbulkan hasrat untuk datang kembali. Pengertian Store atmosphere lainnya dikemukakan oleh Berman dan Evan yang dialih bahasakan Lina Salim (2014:528) menyatakan bahwa Store atmosphere meliputi berbagai tampilan interior, eksterior, tata letak, lalu lintas internal toko, kenyamanan, udara, layanan, musik, seragam, panjang barang dan sebagainya yang menimbulkan daya tarik bagi konsumen dan membangkitkan keinginannya.
Selain dari store atmosphere, perusahaan juga harus memperhatikan kualitas pelayanan kepada konsumen agar konsumen merasa puas akan produk berupa barang atau jasa yang diberikan oleh perusahaan kepada pelanggan sesuai dengan harapannya. Menurut Tjiptono (2016:59) menyatakan bahwa “Kualitas pelayanan adalah tingkat keunggulan yang diharapkan dan pengendalian atas Selain dari store atmosphere, perusahaan juga harus memperhatikan kualitas pelayanan kepada konsumen agar konsumen merasa puas akan produk berupa barang atau jasa yang diberikan oleh perusahaan kepada pelanggan sesuai dengan harapannya. Menurut Tjiptono (2016:59) menyatakan bahwa “Kualitas pelayanan adalah tingkat keunggulan yang diharapkan dan pengendalian atas tingkat keunggulan tersebut untuk memenuhi keinginan pelanggan”.
Kualitas yang diberikan oleh perusahaan yang bergerak dibidang jasa adalah dengan memberikan kualitas pelayanan yang terbaik bagi konsumen agar bisa menciptakan kepuasan konsumen. Kualitas pelayanan yang diberikan Putri Duyung Resort ini sangat memikirkan kepuasan dari para pengunjung atau konsumen. Menurut Komisaris Geisz Chalifah, di beranda resto yang berbatasan langsung dengan pantai, akan dibangun kolam renang. Posisi resto juga akan ditinggikan, sehingga dapat memberikan view pengunjung yang lebih karib dengan pantai.
Sumber :
1. Sumber : https://repository.widyatama.ac.id/server/api/core/bitstreams/fd52a104-d592-4c8b-8296-1ad1fe3bf4e8/content
2. Sumber : https://elib.unikom.ac.id/files/disk1/503/jbptunikompp-gdl-agusherupe-25150-1-unikom_a-i.pdf
Teks : Anugrah Ameylia Falensia
Riset Data
Komentar
Posting Komentar